Komunikasi Data

1/18/2016 07:54:00 PM 0 Comments A+ a-

KOMUNIKASI DATA


Okee,pada postingan iam kali ini,mau ngebahas soal Komdat alias komunikasi data.Apa sih komunikasi data itu? Komunikasi adalah komunikasi antara si pemberi pesan dengan si penerima pesan yang saling merespon .lebih jelasnya ,let’s to the topic
1.     Komunikasi      
    
Komunikasi adalh suatu system yang digunakan oleh seseorang/lembaga/alat dalam memberikan suatu pesan kepada  orang/lembaga/alat dengan harapan orang dalam suatu lembaga yang menerima pesan tersebut mengerti/memahami isi pesan yang disampaikan. Jad,Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara computer computer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.Bentuk komunikasi dibedakan menjadi dua(2) yaitu :
a.    Simplex,bentuk komunikasi 1 arah atau system komunikasi yang hanya dapat memberikan(mengirim) pesan saja ,tapi tidak dapat menerima pesan dari tempat lain dan penerima pesan tidak dapat merespon secara langsung
b.    Duplex,bentuk komunikasi 2 arah atau system komunikasi yang hanya dapat memberikan(mengirim) pesan dan juga dapat digunakan untuk menerima pesan dari tempat lain serta dapat merespon secara langsung
1)    Full Duplex,komunikasi 2 arah tanpa menunggu jeda waktu
2)   Half Duplex,komunikasi 2 arah dengan menunggu jeda waktu

2.    Contoh alat Komunikasi :
§      Alat Komunikasi Tradisional
§  Kentongan(simplex)
§  Telepon Kaleng(duplex-half)
§  Surat(duplex-half)
§  Asap(simplex)
§  Bedug(duplex)
§      Alat Komunikasi Modern
§  Telepon/Handphone(duplex-full)
§  Komputer/Laptop(duplex&simplex)
§  Microphone(simplex)
§  Radio(simplex)
§  Televisi(simplex)
§  Koran(media cetak), (simplex)
§  HT(Handy Talky), (duplex-half)
§  website(duplex&simplex)

3.    Elemen Sistem Komunikasi
a.    Elemen pokok system komunikasi ada 3 yaitu :
§  Orang yang mengirim pesan(Pengirim/Transmitter)
§  Orang yang menerima pesan(Penerima/Receiver)
§  Pesan yang disampaikan(Data/Informasi)
b.    Elemen penunjang system komunikasi ada 3 yaitu :
§  Media Penyimpanan(input)
§  Media Penyaluran (Proses)
§  Media Penampilan Data (output)

4.    Jenis Komunikasi
Berdasarkan jaraknya,komunikasi dibedakan menjadi 5 ,yaitu:
a.    Jarak dekat secara langsung
Eg  : guru mengajar di kelas dan orang mengobrol
b.    Jarak dekat menggunakan media
Eg  : Berkomunikasi antar ruangan /gedung menggunakan media sms
c.    Jarak menengah (kota)
Eg  : Si A berada di Surabaya mengirim surat ke Si B berada di Semarang
d.    Jarak Jauh (provinsi)
Eg  : Si A berada di Padang mengirim pesan/sms ke Si B di Papua
e.    Jarak sangat jauh(antarnegara)
Eg  :Si A berada di Indonesia chatting dengan Si B di Mekkah

5.    JARINGAN KOMUNIKASI DATA
Jaringan Komunikasi data atau Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan protokol dan media transmisi tertentu. Berdasarkan luas area cakupan yang dicapai jaringan komputer dapat diklasifikan menjadi :
a.     Local Area Network (LAN) .
Jaringan computer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil sepertidalam kamous,gedung,kantor,rumah sekolah atau yang lebih kecil.Luas cakupan LAN lebih kecil dari WAN biasanya terdiri dari sekelompok gedung yang saling berdekatan.
b.    Wide area Network (WAN)
Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi ,yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,perkantoran,pemerintahan
c.    Metropolitan Area Network(MAN)
Jaringan computer yang mencakup area yang besar sebagai contoh jaringan computer antar wilayah,kota,Negara bahkan benua

6.    TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan merupakan Gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan yang meliputi server,workstation,hub dan pengkabelannya untuk menghubungkan komputer atau terminal-terminal dalam suatu jaringan. Model dari topologi jaringan yang ada antara lain: Star, Loop, ring dan Bus.

a.    Topologi Star - Pada topologi ini LAN terdiri dari sebuah cntral node yang berfungsi sebagai pengatur arus informasi dan penanggung jawa komunikasi dalam suatu jaringan. Jadi jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node yang lain maka harus melalui sentral node. Fungsi central node disini sangat penting, biasanya dalam sistem ini harus mempunyai kehandalan yang tinggi.

b.    Topologi Bus - Pada topologi bus ini, node yang satu dengan node yang lain dihubungkan dengan jalur data atau bus. Semua node memiliki status yang sama antara satu dengan yang lainnya.
c.    Topologi Loop -Topologi Loop ini menghubungkan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Semua node memiliki status yang sama.Pada topologi loop ini, setiap node dapat melakukan tugas untuk operasi yang berbeda-beda. Topologi ini memiliki kelemahan, jika salah satu node rusak maka akan dapt menyebabkan gangguan komunikasi antar node satu dengan yang lainnya.
d.    Topologi Ring - Topologi ring atau topologi cincin ini merupakan topologi hasil penggabungan antara topologi loop dengan topologi bus. Keuntungannya adalah bahwa jika salah satu node rusak, maka tidak akan mengganggu jalannya komunikasi antar node karena node yang rusak tersebtu diletakkan terpisah dari jalur data.

7.    PROTOKOL
Protokol adalah sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi seperti pembuatan hubungan, proses transfer suatu file, serta memecahkan berbagai masalah khusus yang berhubungan dengan komunikasi data dan dalam komunikasi data jaringan digunakana sebagai penerjemah/interpreter

8.    Data dan Informasi
Dalam komunikasi data,tidak lepas dari namanya data/informasi karena itulah pesan yang ingin disampaikan tadi.Berikut ini ulasannya
a.    Dataà suatu fakta  (keterangan) di masa lalu dari suatu kejadian(action),benda dan lainnya yang dapat berrbentuk suara(audio),gambar(video),atau karakter(digital) dan kadang masih belum diterima akal pikiran.
Eg : Kecelakaan di jalan raya
b.    Informasiàhasil pengolahan data dapat diterima akal pikiran yang dapat dijadikan untuk mengambil keputusan atau menjadi bahan pertimbangan.
Eg : Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Lintas Timur tadi malam pukul 23:00, korban jiwa sebanyak delapan orang, enam orang diantaranya luka ringan dan dua lainnya luka berat.

Dari definisi dan contoh diatas dapat disimpulkan perbedaan data dan informasi yaitu :
·         Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau sebuah gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan, data juga tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
·         Data terkadang tidak dapat digunakan dan diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.

·         Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan. Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, tetapi informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.