Pengenalan Mail Server

2/15/2016 09:18:00 AM 0 Comments A+ a-

Pengenalan Mail Server


Mail Server adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail dari pengguna lokal (dari domain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet) digunakan untuk mengirim surat melalui Internet. Dengan begitu, dapat mempermudah dalam penggunanya, karena lebih cepat dan efisien. Selain itu Mail Server juga mampu mem-forward e-mail tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim. Untuk dapat mengirimkan e-mail, sebuah Mail Server harus memiliki sebuah MTA (Mail Transport Agent) didalamnya. Fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan e-mail dari Mail Server lokal ke Mail Server remote. Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis MTA yang dapat kalian install di Ubuntu. Beberapa contohnya adalah :
• Postfix
• Sendmail
• Qmail
• Exim
• Zimbra
• dll.
Selain untuk mengirimkan e-mail, Mail Server juga bertugas untuk menerima e-mail menggunakan protokol POP atau IMAP. Untuk itu diperlukan juga sebuah POP dan IMAP server agar Mail Server dapat berfungsi dengan sempurna dalam menerima email masuk dari MTA Mail Server lain. Contoh POP dan IMAP server yang cukup terkenal adalah Courier dan Dovecot.
Proses pengiriman eMail bisa terjadi karena adanya SMTP Server (Simple Mail Transfer Protocol) yang menangani surat keluar. Setelah dikirim, eMail tersebut akan ditampung sementara di POP3 Server (Post Office Protocol ver. 3) atau IMAP server(Internet Mail Access Protocol) keduanya menangani surat masuk. Dan ketika user yang mempunyai eMail account tersebut online, mail client akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dari POP3 Server. DNS server membantu eMail server untuk menemukan alamat IP server email tujuan.
Server pada E-mail
1.    SMTP Server
SMTP Server mendengarkan pada port 25, Server SMTP menggunakan perintah teks yang sangat sederhana seperti HELO, MAIL, RCPT dan DATA untuk berkomunikasi dengan server SMTP domain lain. Dokumentasi perintah ini biasanya dapat ditelusuri pada header lengkap sebuah email yang telah diterima. Server SMTP menggunakan perintah teks yang sangat sederhana seperti HELO,MAIL, RCPT dan DATA. Perintah yang paling umum adalah:
·         HELO - memperkenalkan diri
·         EHLO - memperkenalkan diri dan modus permintaan diperpanjang
·         MAIL FROM: - menentukan pengirim
·         RCPT TO: - menentukan penerima
·         DATA - menentukan batang tubuh pesan (Kepada, Dari dan Subyek harus menjadi tiga baris yang pertama.)
·         RSET – ulang
·         QUIT - berhenti dari sesi
·         HELP - mendapatkan bantuan pada perintah
·         VRFY - memverifikasi alamat
·         EXPN - memperluas alamat
·         VERB – verbose, memperbanyak kata

2.   POP3
POP 3mendengarkan pada port 110. protocol yang digunakan untuk menerima email dimana email yangdidownload akan dihapus dari server. Server POP3 mengerti satu set yang sangat sederhana dari perintah teks. Berikut adalah perintah yang paling umum:
·         USER - masukkan ID pengguna Anda
·         PASS - masukkan password Anda
·         QUIT - berhenti server POP3
·         LIST - daftar pesan dan ukuran
·         RETR - mengambil pesan, menambahkan sebuah nomor pesan
·         DELE - menghapus pesan, menambahkan sebuah nomor pesan
·         TOP - menunjukkan garis atas x pesan, meloloskan sejumlah pesan dan jumlah baris

3.   IMAP
 Adalah protocol yang digunakan untuk menerima email dimana kopiemail yang didownload akan etap ada di server. IMAPmenggunakan port 143. E-mail klien kemudian mengeluarkan seperangkat perintah teks yang memungkinkan untuk melakukan hal-hal seperti daftar semua folder di server, daftar semua header pesan dalam folder, mendapatkan pesan e-mail tertentu dari server, menghapus pesan pada server atau pencarian melalui semua e-mail pada server.

Sekian dari iam
Untuk instalasinya ,post berikutnya Disini J

~EraWulan