Konfigurasi FTP Server pada Ubuntu 12.04

2/01/2016 11:27:00 AM 1 Comments A+ a-

FTP SERVER



FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, protokol untuk bertukar file melalui jaringan.FTP sering digunakan untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server (misalnya mengupload konten-konten web ke sebuah webserver). Cara kerja protokol FTP hampir sama dengan protokol lainnya. Apabila protokol HTTP bertugas untuk urusan web, kemudian protkol SMTP bertugas dalam urusan mail, maka FTP ini bertugas untuk urusan pertukaran file. Intinya FTP adalah protokol yang bertugas dalam hal pertukaran file baik itu download ataupun upload di jaringan.
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara client dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah client FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara client dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi control telah dibuat, maka server akan mulai  membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
Contoh aplikasi FTP server : Proftpd,Vsftpd, Wuftpd,IIS (didalamnya terdapat FTP Server) dan Contoh aplikasi FTP client : CuteFTP, Wget. WsFTP, GetRight ,AbsoluteFTP, SmartFTP, Filezilla( mendukung SFTP).Dalam hal ini iam akan berbagi dengan aplikasi VSFTPD ,check this out :

1.     Instalasi FTP SERVER

2.    Buka file vsftpd.conf di  /etc/




-Cari baris (CTRL+W) “anonymous_enable=YES” ganti menjadi “anonymous_enable=NO”.
-Buat baris baru tepat di bawah “anonymous_enable=NO” dan ketik “anon_root=/home”
-Cari baris “#local_enable=YES” dan hilangkan tanda pagar (#) nya menjadi “local_enable=YES”





3.    Hapus user ftp default


4.    Buat user baru dengan nama ftpera


5.    Berikan password baru user ftpera

Kettikkan passwordnya:12345

6.    Restart vsftpd:

7.    Buka ftp://erawul.com/ melalui browser,masukkan username dan password ftpera tadi




Hasilnya seperti ini





1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
28 Desember 2017 pukul 10.55 delete

terima kasih bagus artikel sangat bermanfaat buat saya
My blog

Reply
avatar