Mengkonfigurasikan IP Address pada Ubuntu 12.04

1/26/2016 02:15:00 PM 0 Comments A+ a-

Mengkonfigurasikan IP Address pada Ubuntu 12.04

Hai,,Kemarin iam udah ngeshare cara konfigurasi IP di  Windows ,saat ini iam akan menjelaskan langkah konfigurasi IP Address.Konfigurasi IP Address di ubuntu dapat di lakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan GUI mode (Graphics User Interface) dan juga CUI/TUI mode (Character/Text User Interface).Berikut ini langkah konfigurasi IP Address menggunakan Character User Interface (menggunakan terminal) :

1.     Buka terminal dengan cara CTRL+ALT+T pada keyboard atau Dashhome ketikkan Terminal

2.     Pada sistem operasi Linux Ubuntu 12.04, konfigurasi IP address disimpan pada file interfaces pada directory /etc/network/. Untuk mengkonfigurasi IP address, maka lakukan konfigurasi pada file tersebut dengan menggunakan utility nano
      Dengan perintah sudo sebelumnya maka proses ini akan meminta password dari sistem yang digunakan (password computer) .Gunakan perintah sudo nano /etc/network/ interfaces  seperti berikut :


3.    Kemudian untuk membuat sebuah alamat, isikan data /Edit file interfaces nya  menjadi seperti berikut :
            Keterangan/Penjelasan
Ifaceà interface
eth0à interface yang digunakan (ethernet 0)
staticà menggunakan IP address static / manual
interface eth0àkomen interface eth0
auto eth0àagar eth0 otomatis hidup saat network interface di restart                             iface eth0 inet staticàkonfigurasi eth0 secara static
address 192.168.11.1àIP Addres yang akan diberikan pada eth0
netmask 255.255.255.252àSub Netmask yg jumlah banyak client dalam sebuah jaringan
network 192.168.11.0àmerupakan Network dari IP address 192.168.11.1
dns-nameservers 192.168.11.1àadalah IP dari DNS Server yaitu IP server itu sendiri

4.    Setelah konfigurasi selesai, tekan tombol Ctrl + X pada keyboard untuk keluar dari utility nano. Setelah itu akan muncul konfirmasi Save modifier buffer (ANSWERING "No" WILL DESTROY CHANGES), tekan tombol Y untuk menyimpan konfigurasi. Lalu akan muncul lagi konfirmasi File Name to Write: /etc/network/interfaces, tekan Enter.
     Atau
      Simpan(CTRL+O) dan Keluar (CTRL+X)

5.       Langkah selanjutnya adalah merestartnya yaitu setelah IP address selesai dikonfigurasi, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan IP address tersebut. Untuk mengaktifkannya, restart networking dari sistem tersebut ,gunakan perintah sudo /etc/init.d/networking restart seperti ini :

Jika sudah OK ,maka sudah berhasil

6.    Cek apakah IP sudah berubah dengan perintah ifconfig seperti berikut :

~EraWulan