TCP/IP

1/25/2016 09:26:00 AM 0 Comments A+ a-

TCP/IP
Kali ini , iam akan ngeshare tentang TCP/IP ,berikut lebih lengkapnya .TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sebuah protocol/ standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet yang mengelola pengiriman data dengan memecah data tersebut menjadi sejumlah paket kecil dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet. Protokol ini mengatur pemecahan data menjadi paket, menyediakan informasi pengiriman data, dan menyatukan kembali paket-paket tersebut menjadi data lengkap begitu tiba di tujuannya. TCP/IP juga mengatur koneksi antara dua PC sehingga mereka bisa saling berkirim data bolak-balik dalam waktu tertentu.

Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM))
Keunggulan dari TCP/IP antara lain :
-Tidak bergantung pada perangkat keras/SO jaringan tertentu
-Cara pengalamatan bersifat unik dalam skala global
-Menggunakan standar protocol terbuka sehingga tersedia secara luas
-Memiliki Fasilitas routing
TCP/IP dibuat pada 1973 untuk ARPANET. Sejak itu ia dikembangkan menjadi protokol bagi LAN dan WAN. Pada 1983 TCP/IP ditetapkan sebagai standar bagi Internet, dan semua host pada internet diwajibkan menggunakan TCP/IP.
Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas .Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.

Layer Arsitektur TCP/IP


Protokol Komunikasi TCP/IP Pada TCP/IP terdapat beberapa protokol sub yang menangani masalah komunikasi antar komputer. TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas 4 lapis, di antaranya adalah :

1.Application Layer(Protokol lapisan aplikasi)
Bertanggung jawab untuk mendefinisikan aplikasi-aplikasi yang dijalankan dalam layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol DHCP, DNS, HTTP, FTP, Telnet, SMTP, SNMP, dan  lainnya

2.Host-to-host Layer( Protokol lapisan antar-host)
Berguna untuk melalukan pengiriman dan menjamin bahwa informasi yang diterima dari sisi penerima sama dengan pengirim dan membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

3.Internetwork Layer(Protokol lapisan internetwork)
Bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan dan enkapsulasi(pengkapsulan) paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP serta menjamin suatu paket yang dikirimkan dapat menemukan tujuannya dimanapun berada(Mirip dengan Network Layer). Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).

4.Network Interface Layer(Protokol lapisan antarmuka jaringan)
Bertanggung jawab mengatur penyaluran data frame –frame data pada media fisik yang digunakan secara handal ,digunakan pula mendeteksi dan koreksi kesalahan data yang ditransimisikan serta juga mendefinisikan besaran fisik seperti media komunikasi,tegangan arus dan sebagainya
Sekian dari iam ~EraWulan