Pengenalan dan Instalasi NTP Server

2/23/2016 09:23:00 AM 0 Comments A+ a-

NTP SERVER


Oke kali ini aka nada penjelasan soal NTP Server,let’s to the topic dah .NTP adalah singkatan dari Network Time Protocol, sebuah protocol untuk menyamakan system waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang menyamakan waktu dari setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dengan computer server dalam jaringan tersebut. NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC.
 NTP Server ini sangat bermanfaat sekali apabila kalian mengelola jaringan yang sangat ketat sekali dalam urusan waktu. NTP menggunakan sistem hirarki dalam bekerja dan melakukan sinkronisasinya. Sistem hirarki ini menggunakan istilah Clock stratum atau strata untuk menggambarkan tingkatan-tingkatannya. Di mana clock strata tingkat pertama merupakan perangkat komputer yang melakukan sinkronisasi dengan penghitung waktu eksternal seperti misalnya GPS clock, atomic clock atau radio clock yang sangat akurat. Perangkat berstatus stratum 2 merupakan perangkat yang dikirimi perhitungan waktu oleh stratum 1 secara langsung dengan menggunakan protokol NTP.Begitu seterusnya sistem hirarki berjalan.Parameter kedua, NTP akan melakukan proses komparasi terhadap beberapa perhitungan waktu dari beberapa server. Sebuah perangkat NTP yang memiliki pencatatan waktu yang paling berbeda dengan yang lainnya pasti akan dihindari oleh perangkat-perangkat lainnya, meskipun nilai stratumnya paling rendah daripada mesin yang lain.Nah dibawah ini langkah instalasinya.
Untuk membuat mesin kalian menjadi sebuah NTP Server, anda cukup menginstall service ntp dan ntpdate. Caranya adalah seperti berikut :
• langkah awal ketikkan perintah ini :
sudo apt-get install ntp ntpdate

Tunggu dan pastikan tidak ada pesan error hingga proses instalasi selesai seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini :

• Setelah itu barulah kalian dapat memulai proses konfigurasi yang ditunjukan pada postingan berikut.disini
Semoga bermanfaat

~EraWulan