Konfigurasi WebMail Server dengan Squirrelmail pada Ubuntu 12.04

2/15/2016 11:01:00 AM 0 Comments A+ a-

Konfigurasi WebMail Server dengan Squirrelmail pada Ubuntu 12.04
WebMail (Web Based Mail), adalah aplikasi eMail client yang berbasis web. Jika anda pernah melihat layanan eMail Yahoo, Gmail, ataupun Hotmail. Mereka menggunakan webmail sebagai eMail client untuk setiap penggunanya. Kelebihan dari Webmail itu diantaranya bisa digunakan dimana saja, kapan saja, dan bagaimana saja keadaanya, asalkan tetap terkoneksi ke Internet. Untuk membuat mail client yang berbasis web, tentunya dibutuhkan CMS (Content Management System) yang dikhususkan untuk webmail. Diantaranya yang terkenal adalah squirrelmail dan roundcubemail.Kali ini iam gunain Squirrelmail adalah paket webmail yang sudah tersedia dalam distro Debian Lenny. Oleh karena itu banyak administrator jaringan yang menggunakanya, karena kemudahanya dalam konfigurasi.Berikut langkah konfigurasinya :
1.     Pertama instalasi paket Squirrelmail
era@eraLaptop:~$ sudo apt-get install squirrelmail
2.    Langkah awal konfigurasi adalah membuat virtual host baru agar dapat diakses melalui web browser.Tidak perlu repot untuk membuat virtual host baru ,karena squirrelmail telah membuatnya. squirrelmail  masih ada hubungannya dengan Apache ,
Karena itu kita tambahkan script include pada file apache2.conf supaya virtual host pada direktori squirrelmail ikut diproses.
era@eraLaptop:~$ sudo nano /etc/apache2/apache2.conf

Include “/etc/squirrelmail/apache.conf” #tambahkan di baris paling bawah



3.    Kemudian restartlah apache2
era@eraLaptop:~$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

4.    Buat semacam shortcut atau symbolic dari folder “/usr/share/squirrelmail” ke “/var/www” dengan nama symbolic mail yaitu dengan perintah :
era@eraLaptop:~$ sudo ln -s /usr/share/squirrel/ /var/www/mail

5.    Lalu anda coba buka melalui client dengan browser dapat membuka “192.168.11.1/squirrelmail” atau “erawul.com/squirrelmail” akan muncul seperti tampilan seperti gambar dibawah ini

6.    Kemudian silahkan masukkan user name dan password yang anda masukkan tadi,misalnya login dengan user wulan



7.     Setelah login akan muncul jendela


8.    Klik compose , lalu tulis alamat email user penerima suprihatini@erawul.com. Lalu anda coba tulis isi email lalu tekan send seperti gambar dibawah ini.


9.    Setelah klik send akan kembali pada wall awal,disini akan muncul pesan yang anda kirimkan sebelumnya .Lalu setelah terkirim anda bisa signout .


10.  Lalu login sebagai user suprihatini

11.  Jika berhasil,pasti sudah mendapat kan email seperti gambar dibawah email telah diterima.


Sekian dari iam
Selamat mencoba dan Be beneficial yes J

~EraWulan